Minggu, 04 Juli 2010

Bekal Awal Seorang Anak

Bekal Awal Seorang Anak
Pendidikan yang didapatkan anak di lingkungan keluarga merupakan pondasi baginya dalam pembangunan watak, kepribadian dan karakternya. Jika anak dalam keluarga sensatiasa terdidik dalam warna keislaman, maka kepribadiannya akan terbentuk dengan warna keislamanya tersebut .
Seorang anak yang terlahir dalam keadaan fitrah, kemudian orang tuanyalah yang mewarnainya, Rasulullah saw bersabda, “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan yang fitrah (islami), maka orang tuanya yang menyebabkan dia menjadi Yahudi, Nasrani atau majusi.” (HR. Al-Bukhari)
Untuk itu orang tua harus dapat memanfaatkan saat-saat awal anak mengalami pertumbuhannya dengan cara menanamkan dalam jiwa anak kita kecintaan terhadap dien-Nya, cinta terhadap ajaran Allah swt dan Rasul-Nya, sehingga ketika ank tersebut berhadapan denga lingkungan lain anak tersebut memliki daya tahan yang dapat menangkal setiap pengaruh neagatif yang akan merusak dirinya.
Agar dapat memudahakn jalan bagi pembentukan kepribadain bagi anak yang shaleh, maka keteladanan orang tua merupakan faktor yang sangat menentukan. Oleh karena itu, sikap yang baik, yaitu sikap yang sesuai dengan kepribadian yang shalih sehingga anak dapat dengan mudah meniru dan mempraktikan sifat-sifat orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar